LAPORAN OBSERVASI ARTEFAK MATEMATIKA DI CANDI SAMBISARI
Nama :
Kartika Safitri Amriarto
NIM :
17301241031
Kelas :
Pendidikan Matematika C 2017
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN KULIAH
ETNOMATEMATIKA 2020
A.
Laporan
Pengambilan Data Etnomatematika
1.
Objek
1
a. Nama/Ciri-ciri/Tampilan
Benda (Artefak/Budaya) : Pagar/benteng
b. Lokasi
: Candi Sambisari
c. Unsur
Matematika yang Terungkap :
1) Persegi
panjang
2) Pojok/sudut
3) Simetris
2.
Objek
2
a. Nama/Ciri-ciri/Tampilan
Benda (Artefak/Budaya) : Batu seperti piring datar
b. Lokasi
: Candi Sambisari
c. Unsur
Matematika yang Terungkap :
1) Bentuk
lingkaran
3.
Objek
3
a. Nama/Ciri-ciri/Tampilan
Benda (Artefak/Budaya) : Batu berbentuk tabung
b. Lokasi
: Candi Sambisari
c. Unsur
Matematika yang Terungkap :
1) Bentuk
tabung
4.
Objek
4
a. Nama/Ciri-ciri/Tampilan
Benda (Artefak/Budaya) : Atap Candi berbentuk segitiga (tampak depan)
b. Lokasi
: Candi Sambisari
c. Unsur
Matematika yang Terungkap :
1)
Bentuk bangun ruang segitiga (tampak depan)
2)
Simetris
5.
Objek
5
a. Nama/Ciri-ciri/Tampilan
Benda (Artefak/Budaya) : Hiasan Candi dari gabungan bangun datar persegi
panjang dan segitiga
b. Lokasi
: Candi Sambisari
c. Unsur
Matematika yang Terungkap :
1) Bangun
datar berbentuk persegi panjang
2) Bangun
datar berbentuk segitiga
6.
Objek
6
a. Nama/Ciri-ciri/Tampilan
Benda (Artefak/Budaya) : Tangga Menuju Candi
b. Lokasi
: Candi Sambisari
c. Unsur
Matematika yang Terungkap :
1) Terdiri
dari balok-balok
2) Persegi
panjang
3) Ada
sudut siku-siku
4) Tampak
garis sejajar
7.
Objek
7
a. Nama/Ciri-ciri/Tampilan
Benda (Artefak/Budaya) : Bagian dalam atap Candi
b. Lokasi
: Candi Sambisari
c. Unsur
Matematika yang Terungkap :
1) Tersusun
dari balok-balok
2) Persegi
panjang
3) Simetris
8.
Objek
8
a. Nama/Ciri-ciri/Tampilan
Benda (Artefak/Budaya) : Lantai Candi
b. Lokasi
: Candi Sambisari
c. Unsur
Matematika yang Terungkap :
1) Bangun
datar berpentuk persegi panjang
2) Simetris
B.
Hubungan
Antara Data Etnomatematika dan Kompetensi Matematika
No
|
Objek Etnonatematika
|
Ciri/Tampilan/Lokasi
|
Kompetensi/ Kelas/ Sekolah
|
||||||||||||
1.
|
Pagar/benteng
|
Untuk
Kompetensi SMP Kelas VII
|
|||||||||||||
2.
|
Batu seperti piring
datar
|
Untuk
Kompetensi SMP Kelas VIII
|
|||||||||||||
3.
|
Batu berbentuk tabung
|
Untuk
Kompetensi SMP Kelas IX
|
|||||||||||||
4.
|
Atap Candi berbentuk
segitiga (tampak depan)
|
Untuk Kompetensi SMP Kelas VII dengan Kompetensi Dasar:
|
|||||||||||||
5.
|
Hiasan Candi dari
gabungan bangun datar persegi panjang dan segitiga
|
Untuk
Kompetensi SMP Kelas VII
|
|||||||||||||
6.
|
Tangga Menuju Candi
|
Untuk
Kompetensi SMP Kelas VIII
|
|||||||||||||
7.
|
Bagian dalam atap
Candi
|
Untuk
Kompetensi SMP Kelas VII dengan Kompetensi Dasar:
|
|||||||||||||
8.
|
Lantai candi
|
Untuk
Kompetensi SMP Kelas VII dengan Kompetensi Dasar:
|
C.
Skema
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika
No.
|
Temuan
|
Sintak
|
1.
|
Pagar/benteng
|
RME
1. Matematika
Formal
Peserta didik menyelesaikan
permasalahan berdasarkan konsep matematika.
2. Model
Matematika
Peserta didik membuat model matematika
berdasarkan benda konkret yang ada.
3. Model
Konkret
Peserta didik mengaitkan benda konkret
dengan konsep matematika.
4. Matematika
Konkret
Peserta didik mengamati benda konkret
yang berkaitan dengan matematika.
|
2.
|
Batu
seperti piring datar
|
RME
1. Matematika
Formal
Peserta didik menyelesaikan
permasalahan berdasarkan konsep matematika.
2. Model
Matematika
Peserta didik membuat model matematika
berdasarkan benda konkret yang ada.
3. Model
Konkret
Peserta didik mengaitkan benda konkret
dengan konsep matematika.
4. Matematika
Konkret
Peserta didik mengamati benda konkret
yang berkaitan dengan matematika.
|
3.
|
Batu
berbentuk tabung
|
RME
1. Matematika
Formal
Peserta didik menyelesaikan
permasalahan berdasarkan konsep matematika.
2. Model
Matematika
Peserta didik membuat model matematika
berdasarkan benda konkret yang ada.
3. Model
Konkret
Peserta didik mengaitkan benda konkret
dengan konsep matematika.
4. Matematika
Konkret
Peserta didik mengamati benda konkret
yang berkaitan dengan matematika.
|
4.
|
Atap
Candi berbentuk segitiga (tampak depan)
|
5M (Mengamati, Menanya, Menggali Informasi, Menalar, Mengkomunikasikan)
1. Mengamati
Peserta didik mengamati contoh benda-benda yang ada di sekitar yang memiliki bentuk segitiga.
2. Menanya
Peserta didik menjawab pertanyaan mengenai bagaimana cara menentukan keliling dan luas segitiga, serta memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan segitiga.
3. Menggali Informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi untuk menemukan bagaimana rumus eliling dan luas segitiga.
4. Menalar
Peserta didik menalar atau memikirkan hal-hal yang dapat disimpulkan dari proses menggali informasi untuk menentukan keliling dan luas segitiga.
5. Mengkomunikasikan
Peserta didik menyimpulkan mengenai bagaimana rumus dari keliling dan luas segitiga serta memaparkan hasil diskusi kelomponya di depan kelas.
|
5.
|
Hiasan
Candi dari gabungan bangun datar persegi panjang dan segitiga
|
5M
(Mengamati, Menanya, Menggali Informasi, Menalar, Mengkomunikasikan)
1. Mengamati
Peserta didik mengamati contoh benda-benda yang ada di sekitar yang
memiliki bentuk segitiga.
2. Menanya
Peserta didik menjawab pertanyaan mengenai bagaimana cara menentukan
keliling dan luas segitiga, serta memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan dengan segitiga.
3. Menggali Informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi untuk menemukan bagaimana rumus
eliling dan luas segitiga.
4. Menalar
Peserta didik menalar atau memikirkan hal-hal yang dapat disimpulkan
dari proses menggali informasi untuk menentukan keliling dan luas segitiga.
5.
Mengkomunikasikan
Peserta didik
menyimpulkan mengenai bagaimana rumus dari keliling dan luas segitiga serta
memaparkan hasil diskusi kelomponya di depan kelas.
|
6.
|
Tangga
Menuju Candi
|
RME
1. Matematika
Formal
Peserta didik menyelesaikan
permasalahan berdasarkan konsep matematika.
2. Model
Matematika
Peserta didik membuat model matematika
berdasarkan benda konkret yang ada.
3. Model
Konkret
Peserta didik mengaitkan benda konkret
dengan konsep matematika.
4. Matematika
Konkret
Peserta didik mengamati benda konkret
yang berkaitan dengan matematika.
|
7.
|
Bagian
dalam atap Candi
|
RME
1. Matematika
Formal
Peserta didik menyelesaikan
permasalahan berdasarkan konsep matematika.
2. Model
Matematika
Peserta didik membuat model matematika
berdasarkan benda konkret yang ada.
3. Model
Konkret
Peserta didik mengaitkan benda konkret
dengan konsep matematika.
4. Matematika
Konkret
Peserta didik mengamati benda konkret
yang berkaitan dengan matematika.
|
8.
|
Lantai
candi
|
RME
1. Matematika
Formal
Peserta didik menyelesaikan
permasalahan berdasarkan konsep matematika.
2. Model
Matematika
Peserta didik membuat model matematika
berdasarkan benda konkret yang ada.
3. Model
Konkret
Peserta didik mengaitkan benda konkret
dengan konsep matematika.
4. Matematika
Konkret
Peserta didik mengamati benda konkret
yang berkaitan dengan matematika.
|
D.
Perangkat
Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika
1. RPP
Dapat
diunduh di:
2. LKPD
Dapat
diunduh di:
Komentar
Posting Komentar