LAPORAN OBSERVASI ARTEFAK MATEMATIKA DI CANDI SAMBISARI

Nama   : Kartika Safitri Amriarto
NIM    : 17301241031
Kelas   : Pendidikan Matematika C 2017

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN KULIAH ETNOMATEMATIKA 2020
A.    Laporan Pengambilan Data Etnomatematika
1.      Objek 1
a.       Nama/Ciri-ciri/Tampilan Benda (Artefak/Budaya) : Pagar/benteng
b.      Lokasi : Candi Sambisari
c.       Unsur Matematika yang Terungkap :
1)      Persegi panjang
2)      Pojok/sudut
3)      Simetris
2.      Objek 2
a.       Nama/Ciri-ciri/Tampilan Benda (Artefak/Budaya) : Batu seperti piring datar
b.      Lokasi : Candi Sambisari
c.       Unsur Matematika yang Terungkap :
1)      Bentuk lingkaran
3.      Objek 3
a.       Nama/Ciri-ciri/Tampilan Benda (Artefak/Budaya) : Batu berbentuk tabung
b.      Lokasi : Candi Sambisari
c.       Unsur Matematika yang Terungkap :
1)      Bentuk tabung
4.      Objek 4
a.       Nama/Ciri-ciri/Tampilan Benda (Artefak/Budaya) : Atap Candi berbentuk segitiga (tampak depan)
b.      Lokasi : Candi Sambisari
c.       Unsur Matematika yang Terungkap :
1)        Bentuk bangun ruang segitiga (tampak depan)
2)        Simetris
5.      Objek 5
a.       Nama/Ciri-ciri/Tampilan Benda (Artefak/Budaya) : Hiasan Candi dari gabungan bangun datar persegi panjang dan segitiga
b.      Lokasi : Candi Sambisari
c.       Unsur Matematika yang Terungkap :
1)      Bangun datar berbentuk persegi panjang
2)      Bangun datar berbentuk segitiga
6.      Objek 6
a.       Nama/Ciri-ciri/Tampilan Benda (Artefak/Budaya) : Tangga Menuju Candi
b.      Lokasi : Candi Sambisari
c.       Unsur Matematika yang Terungkap :
1)      Terdiri dari balok-balok
2)      Persegi panjang
3)      Ada sudut siku-siku
4)      Tampak garis sejajar
7.      Objek 7
a.       Nama/Ciri-ciri/Tampilan Benda (Artefak/Budaya) : Bagian dalam atap Candi
b.      Lokasi : Candi Sambisari
c.       Unsur Matematika yang Terungkap :
1)      Tersusun dari balok-balok
2)      Persegi panjang
3)      Simetris
8.      Objek 8
a.       Nama/Ciri-ciri/Tampilan Benda (Artefak/Budaya) : Lantai Candi
b.      Lokasi : Candi Sambisari
c.       Unsur Matematika yang Terungkap :
1)      Bangun datar berpentuk persegi panjang
2)      Simetris

B.     Hubungan Antara Data Etnomatematika dan Kompetensi Matematika
No
Objek Etnonatematika
Ciri/Tampilan/Lokasi
Kompetensi/ Kelas/ Sekolah
1.
Pagar/benteng


Untuk Kompetensi SMP Kelas VII
Kompetensi Inti:
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar:
3.11
Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
4.11
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
2.
Batu seperti piring datar


Untuk Kompetensi SMP Kelas VIII
Kompetensi Inti:
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar:
3.7

Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
4.7
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
3.
Batu berbentuk tabung


Untuk Kompetensi SMP Kelas IX
Kompetensi Inti:
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar:
3.7
Membuat generalisasi luas permukaan dan volume bebagai bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
4.7
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bebagai bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengung
4.
Atap Candi berbentuk segitiga (tampak depan)


Untuk Kompetensi SMP Kelas VII dengan Kompetensi Dasar:
Kompetensi Inti:
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar:
3.11
Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
4.11
Menyelesaikan  masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
5.
Hiasan Candi dari gabungan bangun datar persegi panjang dan segitiga


Untuk Kompetensi SMP Kelas VII
Kompetensi Inti:
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar:
3.11
Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
4.11
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
6.
Tangga Menuju Candi


Untuk Kompetensi SMP Kelas VIII
Kompetensi Inti:
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar:
3.9
Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma,dan limas)
4.9
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma,dan limas), serta gabungannya
7.
Bagian dalam atap Candi


Untuk Kompetensi SMP Kelas VII dengan Kompetensi Dasar:
Kompetensi Inti:
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar:
3.11
Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
4.11
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
8.
Lantai candi


Untuk Kompetensi SMP Kelas VII dengan Kompetensi Dasar:
Kompetensi Inti:
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar:
3.11
Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
4.11
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga

C.    Skema Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika
No.
Temuan
Sintak
1.
Pagar/benteng
RME
1.    Matematika Formal
Peserta didik menyelesaikan permasalahan berdasarkan konsep matematika.
2.    Model Matematika
Peserta didik membuat model matematika berdasarkan benda konkret yang ada.
3.    Model Konkret
Peserta didik mengaitkan benda konkret dengan konsep matematika.
4.    Matematika Konkret
Peserta didik mengamati benda konkret yang berkaitan dengan matematika.
2.
Batu seperti piring datar
RME
1.      Matematika Formal
Peserta didik menyelesaikan permasalahan berdasarkan konsep matematika.
2.    Model Matematika
Peserta didik membuat model matematika berdasarkan benda konkret yang ada.
3.    Model Konkret
Peserta didik mengaitkan benda konkret dengan konsep matematika.
4.    Matematika Konkret
Peserta didik mengamati benda konkret yang berkaitan dengan matematika.
3.
Batu berbentuk tabung
RME
1.      Matematika Formal
Peserta didik menyelesaikan permasalahan berdasarkan konsep matematika.
2.    Model Matematika
Peserta didik membuat model matematika berdasarkan benda konkret yang ada.
3.    Model Konkret
Peserta didik mengaitkan benda konkret dengan konsep matematika.
4.    Matematika Konkret
Peserta didik mengamati benda konkret yang berkaitan dengan matematika.
4.
Atap Candi berbentuk segitiga (tampak depan)
5M (Mengamati, Menanya, Menggali Informasi, Menalar, Mengkomunikasikan)
1.    Mengamati
Peserta didik mengamati contoh benda-benda yang ada di sekitar yang memiliki bentuk segitiga.
2.   Menanya
Peserta didik menjawab pertanyaan mengenai bagaimana cara menentukan keliling dan luas segitiga, serta memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan segitiga.
3.   Menggali Informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi untuk menemukan bagaimana rumus eliling dan luas segitiga.
4.   Menalar
Peserta didik menalar atau memikirkan hal-hal yang dapat disimpulkan dari proses menggali informasi untuk menentukan keliling dan luas segitiga.
5.   Mengkomunikasikan
    Peserta didik menyimpulkan mengenai            bagaimana rumus dari keliling dan luas            segitiga serta memaparkan hasil diskusi            kelomponya di depan kelas.
5.
Hiasan Candi dari gabungan bangun datar persegi panjang dan segitiga
5M (Mengamati, Menanya, Menggali Informasi, Menalar, Mengkomunikasikan)
1.    Mengamati
Peserta didik mengamati contoh benda-benda yang ada di sekitar yang memiliki bentuk segitiga.
2.   Menanya
Peserta didik menjawab pertanyaan mengenai bagaimana cara menentukan keliling dan luas segitiga, serta memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan segitiga.
3.   Menggali Informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi untuk menemukan bagaimana rumus eliling dan luas segitiga.
4.   Menalar
Peserta didik menalar atau memikirkan hal-hal yang dapat disimpulkan dari proses menggali informasi untuk menentukan keliling dan luas segitiga.
5.   Mengkomunikasikan
    Peserta didik menyimpulkan mengenai            bagaimana rumus dari keliling dan luas            segitiga serta memaparkan hasil diskusi            kelomponya di depan kelas.
6.
Tangga Menuju Candi
RME
1.      Matematika Formal
Peserta didik menyelesaikan permasalahan berdasarkan konsep matematika.
2.    Model Matematika
Peserta didik membuat model matematika berdasarkan benda konkret yang ada.
3.    Model Konkret
Peserta didik mengaitkan benda konkret dengan konsep matematika.
4.    Matematika Konkret
Peserta didik mengamati benda konkret yang berkaitan dengan matematika.
7.
Bagian dalam atap Candi
RME
1.      Matematika Formal
Peserta didik menyelesaikan permasalahan berdasarkan konsep matematika.
2.    Model Matematika
Peserta didik membuat model matematika berdasarkan benda konkret yang ada.
3.    Model Konkret
Peserta didik mengaitkan benda konkret dengan konsep matematika.
4.    Matematika Konkret
Peserta didik mengamati benda konkret yang berkaitan dengan matematika.
8.
Lantai candi
RME
1.      Matematika Formal
Peserta didik menyelesaikan permasalahan berdasarkan konsep matematika.
2.    Model Matematika
Peserta didik membuat model matematika berdasarkan benda konkret yang ada.
3.    Model Konkret
Peserta didik mengaitkan benda konkret dengan konsep matematika.
4.    Matematika Konkret
Peserta didik mengamati benda konkret yang berkaitan dengan matematika.


D.    Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika
1.       RPP
Dapat diunduh di:
2.      LKPD
Dapat diunduh di:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Skema Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika

Refleksi Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika #1 | Penerapan Materi Perbandingan Senilai dan Perbandingan Berbalik Nilai dalam Kesenian Burok Asal Brebes, Jawa Tengah | Oleh Dewi Intan

Tugas Akhir Pengganti UAS Mata Kuliah Etnomatematika